Easiest Way to Make Perfect Nasi Rawon Daging Has Sapi

Nasi Rawon Daging Has Sapi. Konon katanya resep rawon daging sapi adalah salah satu masakan yang paling tua di Indonesia dan benar-benar otentik. Oke, setelah daging dan kuah masak, siapkan juga bumbu-bumbu pelengkap seperti telur asin dan juga tauge rebus. Keduanya ini sangat cocok dengan rawon dan wajib untuk.

Nasi Rawon Daging Has Sapi Resep Rawon - Wikipedia Indonesia, rawon adalah masakan khas Jawa timur Indonesia berupa sup daging berkuah hitam yang dibuat dari campuran bumbu khas seperti kluwek. Meskipun dikenal sebagai hidangan khas Jawa timur, namun rawon disukai banyak masyarakat Jawa Tengah sebelah. Momen Idoel Adha gak pas ya kalo gak ada menu daging di atas meja, kebetulan banget #cookpad ngajakin ikutan #FestivalResepAsia Naahhh sambil nyelam minum air sambil masak langsung upload siapa tau menu saya yang di pilih 😃 amiinn deh (ngarep banget). You can cook Nasi Rawon Daging Has Sapi using 34 ingredients and 4 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Nasi Rawon Daging Has Sapi

  1. Prepare 1/2 kg of Daging Has (dalam) Sapi.
  2. You need 1/2 kg of Tulangan Sapi (tanpa lemak).
  3. Prepare 10 biji of Kluwek.
  4. Prepare 3 lembar of daun jeruk.
  5. It's 3 lembar of daun salam.
  6. Prepare 1 batang of serai ambil putihnya lalu geprek.
  7. It's 2 ruas of lengkuas di geprek.
  8. Prepare 3 butir of cengkeh.
  9. It's 3 butir of kapulaga.
  10. It's 1 butir of bunga bintang.
  11. Prepare 1 batang of kecil kayu manis.
  12. You need 2 sdt of garam.
  13. Prepare 1 sdt of merica.
  14. It's 1 sdt of gula pasir.
  15. It's 1 sdt of kaldu sapi bubuk/balok.
  16. It's of Bawang merah putih goreng (terpisah).
  17. Prepare of Daun bawang dan seledri (dipotong-potong kecil).
  18. You need of Air (secukupnya).
  19. It's of Minyak untuk menumis.
  20. You need of Bumbu halus :.
  21. Prepare 20 siung of bawang merah.
  22. You need 10 siung of bawang putih.
  23. It's 2 ruas of jahe.
  24. It's 1 ruas of kunyit.
  25. You need 3 lembar of cabe merah kering (direbus dahulu).
  26. You need 5 biji of kemiri (disangrai dahulu).
  27. You need 1/2 biji of pala.
  28. You need of Bahan Pelengkap :.
  29. Prepare of Nasi.
  30. It's of Telur asin/telur rebus.
  31. You need of tauge muda.
  32. You need of irisan tomat.
  33. Prepare of irisan jeruk nipis.
  34. It's of sambal.

This aromatic Indonesian soup is traditionally served with an array of garnishes - blanched bean sprouts, wedges of hard-cooked egg, charcoal noodles, sprigs of Indonesian celery and crisp fried shallot flakes are some of the customary additions. Prepare as many of the garnishes as you like. COM - Rawon daging merupakan satu kuliner khas Jawa Timur yang nikmat untuk dicoba. Traveler yang ingin mencicipi nikmatinya rawon daging bisa mencoba membuatnya di rumah.

Nasi Rawon Daging Has Sapi step by step

  1. Potong daging has bentuk kotak 2x2cm lalu rebus tulangan sampai mendidih kemudian masukkan daging has lanjut rebus lagi sampai empuk, matikan kompor lalu buang air rebusan nya dan isi lagi air dalam panci daging lalu direbus lagi, cemplungkan serai dan lengkuas yang sudah di geprek..
  2. Kluwek di pecah ambil isinya yang hitam dan basah jika isinya kering gak bisa dipakai, rebus isi kluek sampai mendidih lalu angkat tiriskan sampai dingin, Haluskan kluwek beserta bumbu halus lainnya. Kemudian panaskan minyak lalu tumis bumbu, masukkan daun salam, daun jeruk, cengkeh, bunga bintang, kapulaga serta kayu manis. Aduk bumbu sampai meletup letup dan kibas2 agar wangi bumbu tercium..
  3. Masukkan tumisan bumbu dalam panci daging, jangan lupa garam, gula, merica dan kaldu bubuknya di masukin juga. Sesekali di aduk agar bumbu meresap konstan, kemudian masukkan juga bawang putih goreng..
  4. Sambil menunggu rawon nya matang siapkan bahan pelengkapnya di atas meja makan. Icip kuah rawon jika sudah pas rasa nya matikan kompor lalu sajikan dengan bahan pelengkapnya, sebelum di santap taburi dahulu rawon dengan daun bawang seledri serta bawang merah goreng dan rawon siap di santap bersama keluarga tercinta..

Caranya pun cukup mudah, traveler hanya perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan berikut. Rawon dengan isian daging sapi jadi makanan kesukaan orang Jawa Timur. Bisa juga menggunakan buntut hingga ayam. Rawon merupakan masakan tradisional dengan kuah hitam yang enak dinikmati bersama dengan potongan daging sandung lamur empuk. Nasi rawon sangat terkenal namun bagaimana cara buat masakan rawon ini.

Catat Ulasan

0 Ulasan